Minggu, 29 Juli 2012

5 Fakta Menarik Sepak Bola di Olimpiade

foto
Upacara pembukaan Olimpiade Korea pada 17 September 1988 di Seoul, Korea Selatan. zimbio.com

Sepakbola akan menjadi salah satu cabang penting di Olimpiade London 2012. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui mengenai ajang sepak bola di Olimpiade 2012:

- Lebih tua dari Piala Dunia
Cabang sepak bola Olimpiade jadi turnamen sepak bola internasional tertua di dunia, bahkan lebih tua dari Piala Dunia. Upaya dilakukan untuk memperkenalkan sepak bola pada Olimpiade di Paris (1900) dan St Louis (1904), tapi baru diresmikan di London 1908. Inggris berhasil meraih emas di dua edisi pertama, sebelum kemudian kehilangan mahkota mereka di Belgia pada 1920.

- Inggris kembali tampil
Sebelum tahun ini sudah 52 tahun sejak Inggris terakhir mengambil bagian di Olimpiade. Setelah beberapa kali gagal lolos ke turnamen dengan tim yang terdiri dari pemain amatir. Tim gabungan Inggris terakhir kali bermain di Olimpiade pada 1960.

- Tanpa dihadiri juara bertahan
Argentina adalah juara bertahan dua kali. Tapi setelah kalah dari Uruguay di babak kualifikasi, mereka terpaksa menonton turnamen di TV. Berbeda sekali dengan empat tahun lalu di Beijing, mereka menerjunkan sebuah tim yang spektakuler dengan menampilkan orang-orang seperti Messi, Agüero, dan Riquelme.

- Brasil mencari gelar pertamanya
Brasil boleh jadi yang terkuat di Piala Dunia. Tapi, di Olimpiade, tim Samba belum pernah menjadi juara. Pelatih Brasil, Menezes, melihat kompetisi sebagai kesempatan untuk menguji kepercayaan timnya menjelang Piala Dunia 2014.

- Memunculkan pemain-pemain ternama
Beberapa nama paling legendaris dalam sejarah sepak bola bermain di Olimpiade, termasuk Puskas, Platini, Deyna, dan Rivera. Eto''o, Xavi, dan Puyol semua ikut ambil bagian di Sydney. Terakhir Messi dan Aguero di Beijing menjadi juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HARAP TINGGALKAN KOMENTAR ANDA