Minggu, 22 Juli 2012

CONTOH PIDATO PERPISAHAN KELULUSAN


Yang kami hormati bapak Kepala ……………
Yang kami hormati bapak Pengawas …………….
Yang kami hormati bapak Ketua Komite Sekolah atau yang mewakili
Yang kami hormati para undangan dan tokoh masyarakat
Serta yang kami sayangi bapak dan ibu guru serta adik – adik kelas kami

Assalamualaikum, Wr, Wb
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat, hidayah dan taufikNya, sehingga kita bisa hadir di tempat ini guna melaksanakan dan mengikuti acara pelepasan dan perpisahan siswa kelas …. angkatan ke… tahun pelajaran ……………..
Bapak dan ibu guru, ini adalah hari terakhir bagi kami sebagai siswa di sekolah ini. Selama enam tahun lamanya kami telah dididik dan dibimbing oleh bapak dan ibu guru. Kami yang pada awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang tidak mengerti menjadi mengerti, serta yang tidak memiliki ilmu pengetahuan kini kami telah dibekali dengan beraneka ilmu pengetahuan bahkan tehnologi.
Bapak dan ibu guru, segala apa yang telah kita lalui bersama, dan akan semua yang telah engkau tanamkan pada kami semua adalah hal yang terindah yang tak akan terlupakan. Semuanya tertanam begitu dalam dan tersusun sedemikian rapinya.
Bapak dan ibu guru, engkau sungguh berjasa buat kami. Bagaikan selembar kertas kosong putih, engkau telah menorehkan tinta emas di atasnya. Bagi kami, itu sangat berarti dan bermanfaat. Ilmu pengetahuan, tehnologi, budi pekerti, disiplin dan kemandirian terangkai menjadi satu menjadi modal bagi kami ntuk menapaki masa depan kami yang masih panjang.
Bapak dan ibu guru, sekaranglah saatnya kami menghaturkan syukur dan trima kasih kami kepadamu. Selama enam tahun engkau telah berjerih lelah membekali kami, tanpa sungut, tanpa imbalan saat ini engkau melepaskan kami ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.
Bapak dan ibu guru, sedih rasanya meninggalkan sekolah ini, meninggalkan bapak dan ibu guru, dan meninggalkan adik – adik kelas kami, namun ini harus kita lewati, karena kami harus belajar dan belajar lagi ke arah yang lebih tinggi sesuai dengan amanat dan cita – citamu bapak dan ibu guru.
Bapak dan ibu guru, kami menyadari bahwa selama enam tahun ini tidak ada yang bisa kami banggakan akan sikap dan perbuatan kami kepadamu. Kami menyadari begitu banyak kesalahan demi kesalahan yang kami perbuat, baik yang melanggar tata tertib sekolah atau mengabaikan nasehat – nasehat bapak dan ibu guru. Namun pada hari ini, dengan segala kerendahan hati dan ketulusan hati kami mohon maaf kapadamu bapak dan ibu guru. Maafkanlah kami dari segala kesalahan – kesalahan kami selama ini, agar langkah kami menjadi lebih ringan mencapai cita – cita kami. Percayalah, di hati kami telah terukir indaha namamu, dan di tubuh kami telah tertanam segala jerih payahmu.
Untuk adik – adik kelas, kami juga patut meminta maaf bagi kalian semua. Sadar atau tidak sadar, sengaja atau tidak sengaja pasti ada perbuatan kami yang khilaf dan salah untuk kalian semua. Doakan kami ya adik – adikku agar cita – cita kami kelak tercapai. Kami pun akan senantiasa berdoa untuk kalian semua agar selama masih di sekolah yang kita cintai ini kalian bisa menimba ilmu yang lebih melebihi dari yang kami dapatkan saat ini. Belajarlah yang baik, jaga dan rawat sekolah kita ini, serta dengar, turuti dan lakukan nasehat – nasehat bapak dan ibu guru.
Sekolahku, kau juga telah berjasa buat kami. Saat belajar dan bermain di sekolah ini, sekolah ini telah melindungi kami dari panas dan hujan. Kami cinta akan sekolah ini. Kelak bila cita – cita ini tercapai kami akan mengingatmu sekolahku.
Akhirnya, bagimu bapak dan ibu guru, doamu sangat kami perlukan. Iringilah langkah kami dengan semangat, tekad dan cita – citamu. Budi baik dan jasamu akan kami bawa sebagai pemacu untuk menggapai tujuan kami.
Selamat tinggal tinggal sekolahku. Engkau adalah rumah yang indah bagiku.
Selamat tinggal bapak dan ibu guru, Engkau adalah pahlawan bagiku.
Selamat tinggal adik – adikku, kalian adalah teman yang manis bagiku.
Hanya ucapan terima kasih yang dapat kami berikan mengiringi langkah kami.
Dan rasa cinta, kasih sayang, bangga kami adalah sebagai pemacu semangat kami.
Assalamualaikum, Wr, Wb.

1 komentar:

HARAP TINGGALKAN KOMENTAR ANDA